CINTA DAN SAYANG, adalah matahari dan bulan bagi penghuni bumi

23 Feb 2012

cintalah yang menerangi dunia

CINTA dan SAYANG,

Tentu saja ada perbedaan dari definisi keduanya, kita bahas yuk!

Cinta bisa timbul dari pandangan pertama.

Ketika engkau melihat seseorang dan tertarik padanya, itu sudah sebuah bibit dari rasa cinta. Lalu kau akan terobsesi untuk menikmatinya secara diam-diam ala candid camera. Penasaran mencari tahu di mana rumahnya, bagaimana keluarganya, apa hubungannya dengan orang-orang disekitarnya, termasuk ketika melihatnya sedang jalan dengan seorang lelaki berumur kamu jadi pengen tahu itu bapaknya atau jenderal yang sudah menikahinya secara siri? Ups.!

Cinta bisa datang secara tiba-tiba, dalam waktu singkat bagai kilatan petir menyambar gosong hatimu. Cinta itu akan berbahaya, jika kau menjatuhkannya pada orang yang tak tak tepat. Mereka yang sudah punya pasangan tetap (selama masih pacar sihkau boleh berusaha merebutnya hehe.. tapi kalau sudah terikat pernikahan NO! Jangan libatkan dirimu dalam lingkaran rumit yang bisa berujung laporan polisi seperti kasus seorang artis bupati), terlibat narkoba, anggota geng motor atau preman, aduh mending jauh-jauh deh sebelum dirimu terperosok lebih dalam pada pesonanyacobalah berpikiran waras. Waspadalah.waspaalah.jangan berikan cintamu pada sembarang orang!

Cinta itu dari mata turun ke hati.

Cinta biasanya dimulai dengan ketertarikan fisik pada seseorang yang menjadi obyek cintanya. Mungkin pada mata belonya yang indah berbinar, atau tawa renyahnya yang lepas ceria sehingga membuat orang sekitarnya ikut gembira, atau pada betis jenjangnya yang bunting padi, mungkin juga hmpada dada yang membukit. Ups.lagi! Atau pada penampilannya yang menarik, pada otaknya yang encer, penampilan yang berkelas, apalagi kalau lengkap dengan mobil pribadi ya? Sah-sah saja kok kalau kamu merasa jatuh cinta pada orang keren atau high quality jomblo, malah hukumnya wajib menurut saya.

dalam cinta ada passion,

ada gairah yang meletup-letup.yang membuat hormon-hormonmu berkelojotan saat berdekatan dan membuatmu selalu ketagihan ingin menghabiskan waktu bersama dengan berbagai alasan. Dari alasan mau belajar bersama ngerjain PR sampai mau membantunya menyapu halaman rumahnya. Kau merasa berdebar-debar berada di sampingnya meski tidak ada penampakan kuntilanak di antara kalian berdua, mukamu merah dadu oleh derasnya aliran darah meski kamu tidak habis jogging 5 km, dan kau menjadi salah tingkah saat ia menggodamu.

Cinta itu seribu rasa penuntutan, obsesi dan posesif

Ketika cinta telah tertaut di antara dua hati, agenda selanjutnya adalah transaksi hati. Kalau aku penuh perhatian padamu maka kaupun harus begitu, kalau aku murah hati padamu, maka berlakula lembut padaku, kalau aku setia maka kau pun harus begitu! Intinya a<b, artinya jika aku penuh pengertian padamu maka kau harus lebiiih pengertian padaku. Kau cintaku, maka wajar jika aku obsesif padamu. Kamu harus jadi milikku! Jangan pernah bermain mata di belakangku atau kau akan mendapat perlakuan lebih menyakitkan dariku!

Sayang tidak tercipta dan menghilang secara instan!

Menurutku, perasaan sayang tidak tercipta tiba-tiba. Ia terbentuk pelan-pelan namun pasti dan makin lama kadarnya makin besar. Ia timbul karena hubungan dan komunikasi yang intens dalam waktu lama. Ini biasanya terjadi pada dua orang yang mulai dengan persahabatan, seiring waktu semakin saling mengenal semakin saling menghargai dan mengerti satu sama lain perasaan sayang makin besar dan mungkin akhirnya tumbuh deh cinta! Rasa sayang bukan Pop Mie. Ia takkan tumbuh dan menghilang secara instan.

Pada orang yang telah menikah mungkin cinta akhirnya redup namun perasaan sayang biasanya tetap terpelihara seiring waktu. Itu sebabnya makin lama kita lihat ayah ibu hubungannya seperti saudara.

Sayang itu tulus, hanya menginginkan yang terbaik pada orang yang disayanginya

Meski tak bisa memilki dan merasa terluka, kamu akan ikut bahagia saat ia bertemu orang yang dicintainya, Kamu akan bahagia saat melihatnya bahagia. Kamu akan mendoakan kebaikan selalu menyelimuti hidupnya. Kamu akan peduli pada apa yang akan dan sedang terjadi padanya.

Sayang itu tulus, meski seribu kebaikan kau berikan padanya kau takkan menuntut ia melakukan hal yang sama. Seperti ayah dan ibu, melakukan pengorbanan besar untuk melihatmu sukses dan bahagia, mereka tak menuntutmu mengembalikan semua yang telah mereka berikan padamu. Sayang itu perasaan cinta platonik yang tak menuntut balasan.

Sayang itu menjaga

Perasaan sayang akan membuat seseorang berhati-hati menjaga hubungannya dalam percintaan. Rasa sayang akan membuat seorang lelaki tetap menggunakan pikiran warasnya untuk tak merusak masa depan perempuan yang disayanginya. Ia akan menjaga pasangannya hingga ijab kabul tiba. Jika seorang lelaki mengatakan sayang lalu mengajakmu tidur bersama sebelum nikah, jangan percaya! Ia hanya butuh tubuhmu untuk ekperimennya, menjawab rasa ingin tahunya akan eksplorasi pelajaran biologi J dan memnuhi kebutuhan biologisnya secara gratisan. Bisa dipastikan rasa sayangnya palsu alias 100% gombal!

Sayang tidak tercipta dari ketertarikan fisik

Sayang itu penuh misteri. Ia hadir tanpa bisa dijelaskan dari mana asalnya. Meski kau tak setampan Song Hyu Joon atau seimut Justin Beiber kau selalu ingin melihatnya menikmati hidup dan bahagia. Sayang itu hadir saat kau merasa nyaman berhubungan dengan seseorang. Saat kau bisa mengutarakan mimpimu tanpa takut ia akan menertawakannya, saat ia menghargaimu, menerimamu apa adanya, tak menuntutmu menjadi orang lain atau membandingkanmu dengan si A, Si B atau si C. Jika sayang, ia akan membantumu untuk menjadi pribadi yang lebih hebat dari sebelumnya.

Lalu untuk menjadi pasangan yang hebat, mana yang harus kita miliki? Cinta memang lebih berwarna, membuat hubungan asmara berjalan warna-warni tak membosankan seperti Alice berada di negeri Wonderland, tapi rasa sayang akan membantumu menjadi orang yang lebih baik, dalam hubungan yang aman dan nyaman. Aku lebih memilih disayangi daripada dicintai.

Lalu jika hubungan kita dengan pasangan terbangun atas cinta dan sayang?

Wow! Jika itu yang terjadi, bersyukurlah. Itu berati kau adalah manusia paling beruntung di dunia yang memiliki dua sayap malaikat untuk membawamu ke puncak surga kebahagian.


TAGS cinta Blogger Bicara cinta sayang hubungan pasangan


-

Author

Follow Me