• 15

    Aug

    Batik Indonesia, truly lovely deeply

    Akhirnya Unesco menjadikan batik sebagai warisan dunia dan asli milik Bangsa Indonesia. Ini adalah sebuah kemenangan diplomatis diantara sederet batik-batik palsu yang diakui negara tetangga dan membanjirnya batik murahan yang diproduksi secara sembarangan oleh China. Indonesia memang sebuah negara yang kaya akan budaya. Keramahtamahan penduduk Indonesia sejak jaman dahulu kala, telah menghasilkan kehidupan yang damai dan harmonis. Berbagai produk budaya baru hadir, yang merupakan persilangan budaya lokal dangan sentuhan bangsa pendatang. Hal ini pun tercermin dari beragam batik yang dimiliki bangsa Indonesia dari berbagai daerah. Batik,bukan hanya selembar kain yang diberi motif namun juga memiliki filosofi yang tinggi. Batik telah menjadi trend, bahkan telah digunakan di panggung mode t
  • 2

    Aug

    Merindukan Eksotisme Raja Ampat

    Begitu mengetahui ada program Aku Cinta Indonesia, yang berhadiah sungguh menggiurkan, yaitu keliling Indonesia dengan tujuan tempat wisata di manapun di Indonesia, secara gratis..tis..tis… semangad saya bertualang yang sempat sempoyongan kembali bangkit berdiri tegak. Tanpa pikir panjang, mantap kutuliskan destinasiku: Kepulauan Raja Ampat di Perairan Papua.Misi? Sebagai pengajar, tentu ingin memperkenalkan Indonesia Raya yang saya cintai ini pada siswa-siswa di sekolah saya bahwa Indonesia itu tak kalah indah wisatanya dengan negara-negara lain yang sering mereka kunjungi saat liburan sekolah. Maklum sekolah anak orang berada. Geregetan deh saya, tiap mereka dengan bangga bercerita tentang Singapore yang hutan pencakar langit, atau Malaysia dengan kota judi Genting Highland-nya, at
  • 29

    Jul

    Sehari mengurus dokumen surat pindah, Bravo!!

    Karena harus pindah domisili beda propinsi, mau tidak mau dokumen harus diganti, baik Kartu Keluarga maupun KTP. Sudah terbayang di mata betapa repotnya nanti mengurus semua itu. Huuuh,..minimal pasti butuh dua minggu selesai semuanya jika lewat jalur resmi. Tetapi 4 tahun lalu, sebagaimana penduduk Indonesia pada umumnya saya malas mengurus sendiri pasti antre dan bayar ini itu. Waktu itu habis 400 ribu untuk pembuatan KK dan KTP yang memakan waktu 2 minggu. Benar-benar menyebalkan! Tapi,….dengan adanya gaji ke 13 dan berbagai tunjangan masak sih perilaku PNS yang suka keluyuran pada jam kerja masih ada? Berbekal rasa ingin tahu yang tinggi dan agar hemat tentunya hehe,….kuputuskan mengurus sendiri dokumen yang menandakan identitas sebagai warga negara Indonesia. Pertama ke P
  • 4

    Jun

    Bandung The Best Place for Kongkow Para Jomblo ^_^

    Tahu kan, jomblo paling bte kalau hari libur. Di mall, caf, bioskop, rumah sakit sekalipun, isinya orang gandengan. Bahkan di jalan raya, truk pun gandengan mesra bikin macet, Bener-bener tak mau kalah! Bikin hati merana dan merasa jadi satu spesies aneh yang tertinggal di bumi karena pesawatnya hancur. Maka demi menjaga stabilitas hati agar tetap melihat dunia sebagai What a Wonderful World, kuputuskan dengan bulat hati untuk mengambil S2 yang kuliahnya Sabtu Minggu, agar tak mengganggu jadwal kantor. Hitung-hitung pelarian yang bermanfaat dan menghasilkan gelar Master Ekonomi, lumayan kan buat pencerahan dan siapa tahu semakin membuaka banyak peluang kerja. Dan jauuuuuh di lubuk hati terdalam, siapa tahu ketemu jodoh di kampus he..he.. Boleh kan berharap dapat kesempatan ke dua? Aku bel
  • 24

    May

    Bola itu Bundar, Politik itu teka-teki.

    CATATAN LEPAS USAI KONGGRES II PARTAI DEMOKRAT Bola itu bundar, istilah ini sering dipakai saat mengetahui hasil akhir sebuah pertandingan bola yang bisa meleset jauh dari perkiraan. Dan rupanya kali ini sangat cocok menjadi penggambaran hasil akhir Konggres II Partai Demokrat. Pada masa menjelang Konggres Bandung sudah dibuat haru biru dengan segala macam atribut partai dimulai dari pemasangan bendera, umbul-umbul sampai poster ‘gaul’ berbagai versi. Beberapa poster salah satu kandidat ketua bahkan dibuat dalam berbagai versi yang bisa dilihat sepanjang Jl. Suci Bandung, Jl. Pasteur, sepanjang jalan tol, hingga Hotel Mason Pine di Kota Baru, Padalarang di mana konggres diadakan. Bahkan wajah salah satu calon telah dipasang dalam ukuran baliho raksasa di sepanjang tol jauh-
  • 11

    May

    Parodi 2 : Cowboys in Paradise

    hallo teman-teman yang manis.. Namaku Aris, umurku 20 tahun,… nyaris, tinggalku di sebuah rumah kecil berdinding papan tipis, berdekatan dengan Pantai Parangritis. Kata tetangga, teman, saudara jauh, dan sodara dekat, teman baru kenal, apalagi teman lama, emak dan bapak sangat berkeyakinan 100% kalau aku manis karena berkumis tipis meskipun kulitku hitam berbelang manis (memangnya kucing…??!) Apalagi kalau pakai baju kuning bergaris-garis, dengan celana jins yang ditekuk sampai betis, memperlihatkan tubuhku yang atletis, langsung deh gadis-gadis hatinya pada miris dan kadang berteriak-teriak histeris. “Oh Ariiis…kau buat hatiku teriris-iris..!! :) (lebay….maklum anak alay..!!) Cita-citaku ingin menjadi artis, seperti para selebritis….berjalan di atas k
  • 2

    May

    "Butet, ikutilah gairah dan hatimu..."

    Perempuan muda ini menjadi tempatku berkaca. Pertama kali ketika melihat profile perempuan muda ini pada saah salah satu iklan layanan masyarakat di televisi, menyembulkan rasa ingin tahuku. Lalu mencari tahu jati diri perempuan muda tak biasa ini. Dan kuyakini ia termasuk satu dari perempuan hebat Indonesia. Menurutku, Butetlah tipikal Kartini era modern. Yang tak hanya menggugat secara normatif ketika terjadi banyak ketidakberesan di masyarakat, namun memilih langsung bergerak di kehidupan nyata. Berani menentukan sikap dan mengikuti panggilan hati. Di jaman global yang memuja materialisme saat ini, ia berani membalikkan segala logika. Karena kita semua, secara sadar dan tidak sadar terpenjara pada tipikal yang sama bahwa hidup yang bahagia adalah hidup dalam limpahan materi, memiliki
  • 2

    May

    Perguruan Tinggi 'Idaman dan Favorit' Mahasiswa

    Perlahan, aku keluar dari bus kampus berwarna hijau lumut yang dikemudikan Pak Karyono. Sambil menyungging senyum, mengucap terima kasih lalu keluar dari dalam bus dengan riang gembira. Voila..! Ini mimpiku, belajar di perguruan tinggi terbaik, perguruan tinggi idaman semua mahasiswa se-Indonesia. Terletak di kaki Gunung Merapi yang tenang dan asri. Bagaimana tidak ? Di gerbang kampus engkau akan disuguhi pemandangan hijau berbagai jenis pohon buah yang ditanam di halaman kampus yang luas. Pernahkah kau mendengar buah kecapi, kesemek, ello, buni, juwet si anggur Jawa, dan berbagai macam pohon buah langka yang hanya kau dengar dari cerita nenek di waktu kecil sebagai pengantar tidur atau kau baca dari buku? Tapi di sini, semua pohon buah langka itu tertanam subur dan berbuah lebat. Ada pul
  • 1

    May

    Perguruan Tinggi Terbaik Sebagai Idaman dan Favorit Mahasiswa Indonesia

    Perlahan, aku keluar dari bus kampus berwarna hijau lumut yang dikemudikan Pak Karyono. Sambil menyungging senyum, mengucap terima kasih lalu keluar dari dalam bus dengan riang gembira. Voila..! Ini mimpiku, belajar di perguruan tinggi terbaik, perguruan tinggi idaman semua mahasiswa se-Indonesia. Terletak di kaki Gunung Merapi yang tenang dan asri. Bagaimana tidak ? Di gerbang kampus engkau akan disuguhi pemandangan hijau berbagai jenis pohon buah yang ditanam di halaman kampus yang luas. Pernahkah kau mendengar buah kecapi, kesemek, ello, buni, juwet si anggur Jawa, dan berbagai macam pohon buah langka yang hanya kau dengar dari cerita nenek di waktu kecil sebagai pengantar tidur atau kau baca dari buku? Tapi di sini, semua pohon buah langka itu tertanam subur dan berbuah lebat. Ada pul
  • 26

    Apr

    Wanita-Wanita Cantik Dalam Kehidupan Soekarno

    Mumpung masih dalam rangka memperingati Hari Kartini, dan masih hangat membicarakan emansipasi dan hak-hak para wanita, marilah kita membicarakan peran para wanita yang menjadi pendamping hidup Presiden Soekarno. Berhubungan ga sih? Lha, kan ada pepatah, kalau di balik sukses seorang laki-laki selalu ada wanita yang berperan di belakangnya. Yah, mau wanita itu ibu kandungnya, istrinya, pacarnya, saudara perempuannya atau bahkan selingkuhannya hehe.. Dalam kasus Presiden Soekarno, yang diceritakan masa kecilnya sering sakit-sakitan, tidak terlalu akrab dengan ibunya yang berasal dari Bali Ida Ayu Laksmi. Justru ia mendapat kasih sayang pengganti dari pengasuhnya yang bernama Sarinah seperti yang diyakini Soekarno, yang mengajarinya budi pekerti dan cinta rakyat kecil. Ada teori yang mengat

Author

Follow Me